Rabu, 23 Januari 2013

Cara Membuat Theme Wordpress Part 1

Kali ini saya akan membawakan sebuah artikel postingan tentang Cara Membuat Theme Wordpress Part 1, Karena banyaknya para pengunjung situs yang mengirimi saya email dan bertanya bagaimana cara membuat theme atau template untuk wordpress maka saya dengan senang hati akan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke email saya. Oke mari kita mulai saja cara membuat theme wordpress part 1.

Didalam template atau theme wordpress itu ada  beberapa file, dibawah ini adalah daftar dari file-file theme wordpress tersebut :

  • style.css file style css ini wajib ada di setiap theme dan berfungsi sebagai pengatur tata letak sebuah objek.
  • index.php file index.php ini adalah bagian utama dalam theme wordpress, jika anda ingin membuat theme wordpress maka file index.php ini harus ada.
  • functions.php file function ini adalah sebagai jembatan integrasi yang mendaftarkan beberapa konten tambahan ke halaman dashboard anda contohnya sidebar, menu navigasi, custom header, custom background agar memudahkan para pemakai template untuk mendesain tampilan pada websitenya.
  • 404.php file 404.php ini berfungsi sebagai penampil ketika pengunjung situs mencari sesuatu artikel didalamnya dan di situs kita tidak ada artikel tersebut, makan 404.php akan menampilkan tampilan maaf pencarian yang anda cari tidak ada di dalam situs ini.
4 file ini adalah yang akan kita bahas, namun sebelumnya untuk praktek anda harus membuat localhost terlebih dahulu, software yang suka saya pakai untuk membuat sebuah localhost adalah xampp. silahkan anda download di mesin pencari Favorit kita yaitu www.google.com , namun sebagai alternatif jika anda malas untuk download dan membuat localhost di komputer anda, saya sarankan untuk mendaftar di hostingan gratis karena sekarang banyak sekali hostingan gratis yang telah dilengkapi dengan penginstall otomatis yang berisi fitur wordpress di dalamnya.

Setelah ada menginstall xampp di komputer maka hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mendownload wordpress anda bisa download dengan KLIK DISINI 

Setelah selesai download wordpress maka extract lah folder wordpress itu dan letakan di htdocs, jika anda belum tahu posisi htdocs ini arahan yang saya berikan.

Drive C => xampp => htdocs

setelah meletakan folder wordpress di htdocs maka langkah selanjutnya adalah membuat database, wah bagaimana membuat database ? cara membuat database cukup mudah anda hanya perlu mengetikan localhost di browser anda lalu pilihlah phpmyadmin setelah itu berinama pada kotak kosong di tengah lalu create database. selesai deh membuat database.

langkah kedua adalah mengkoneksikan database dengan wordpress, caranya cukup mudah anda hanya perlu mengetikan localhost/wordpress maka akan tampilan sebuah halaman wordpress anda tinggal klik OK setelah itu anda akan mengkonfigurasikan database, isilah dengan benar :

host : localhost
username: root
password: <== dikosongkan saja dikarenakan default password xampp tidak ada passwordnya.
prefix : <== biarkan adanya saja.

lalu klik OK.
setelah itu akan tampil isian yang berisi judul website, username, password isi semua datanya sesuai dengan yang anda inginkan dan klik OK.

Sebelumnya saya mohon maaf tutorial cara membuat theme wordpress part 1 dicukupkan segini dulu dan bersambung ke postingan saya nanti di Cara Membuat Theme Wordpress Part 2, dikarenakan saya ada kepentingan mendadak, simak terus ya tutorial-tutorial dari saya.

#Jika ada pertanyaan silahkan komentar atau kirim saya email



Tidak ada komentar:

Posting Komentar